Sabtu, 07 Oktober 2017

PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS

TEKNOLOGI SISTEM CERDAS PADA APLIKASI SMARTPHONE
GARUDA INDONESIA MOBILE


PENDAHULUAN

Perkembangan penumpang pesawat domestik di Indonesia kini semakin tinggi, dikarenakan maskapai penerbangan semakin banyak menawarkan tarif tiket yang terjangkau dan bersaing satu sama lain. Untuk memilih atau mendapatkan tiket penerbangan yang sesuai dengan kebutuhan setiap orang tidaklah mudah, karena semua maskapai penerbangan di Indonesia memiliki website masing-masing, dan untuk melihat tiket yang sesuai kita harus mengecek website tiap maskapai. 
Semakin meningkatnya penjualan perangkat berbasis android di Indonesia dan meningkatnya jumlah aplikasi Android mendorong peningkatan market share sistem operasi android di Indonesia. Menurut IDC, sistem operasi buatan Google ini sudah berhasil mendapatkan 52 persen market share Indonesia pada kuartal II-2012. Selain karena aplikasi yang mudah digunakan, dan juga mudah dibawa dalam bepergian. Orang orang yang sibuk dalam pekerjaannya terkadang tidak punya waktu untuk melakukan pemesanan tiket secara langsung, sehingga pemesanan melalui smartphone atau pc tablet akan mempermudah transaksi.
Salah satu upaya Garuda Indonesia untuk terus meningkatkan layanannya kepada pengguna jasa, khususnya dengan memberikan kemudahan dan kenyamanan lebih bagi pengguna jasa untuk mengakses informasi layanan penerbangan Garuda Indonesia secara “mobile & realtime”, maka Garuda Indonesia meluncurkan aplikasi Garuda Indonesia Mobile yang dapat digunakan pada semua smartphone.


TENTANG GARUDA

Salah satu maskapai penerbangan di Indonesia yaitu Garuda Indonesia. Garuda Indonesia (PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. Garuda sendiri berasal dari nama wahana tunggangan Dewa Wisnu dalam mitologi India kuno.

PENERBANGAN KOMERSIAL PERTAMA 1949
MASUK BURSAFeb 11, 2011
BERGABUNG DENGAN SKYTEAM Mar 5, 2014
KANTOR PUSAT Jakarta

Seiring semakin meningkatnya permintaan jasa industri penerbangan, Perusahaan terus mengembangkan jaringan penerbangan hingga ke kota-kota pertumbuhan ekonomi dan wisata baru di wilayah Barat dan Timur Indonesia. Sejarah penerbangan komersial Indonesia dimulai saat bangsa Indonesia sedang mempertahankan kemerdekaannya. Penerbangan komersial pertama menggunakan pesawat DC-3 Dakota dengan registrasi RI 001 dari Calcutta ke Rangoon dan diberi nama “Indonesian Airways” dilakukan pada 26 Januari 1949. Pada tahun yang sama, 28 Desember 1949, pesawat tipe Douglas DC-3 Dakota dengan registrasi PK-DPD dan sudah dicat dengan logo “Garuda Indonesian Airways”, terbang dari Jakarta ke Yogyakarta untuk menjemput Presiden Soekarno. Inilah penerbangan yang pertama kali dengan nama Garuda Indonesian Airways. . Nama “Garuda” diberikan oleh Presiden Soekarno dimana nama tersebut diambil dari sajak Belanda yang ditulis oleh penyair terkenal pada masa itu, Noto Soeroto; "Ik ben Garuda, Vishnoe's vogel, die zijn vleugels uitslaat hoog bovine uw einladen", yang artinya, “Saya Garuda, burung Vishnu yang melebarkan sayapnya tinggi di atas kepulauan Anda”.

Tahun 1980
Sepanjang tahun 1980-an, Garuda Indonesia melakukan revitalisasi dan restrukturisasi berskala besar untuk operasi dan armadanya. Hal ini mendorong perusahaan untuk mengembangkan program pelatihan yang komprehensif untuk awak kabin dan awak darat Garuda Indonesia dan mendirikan fasilitas pelatihan khusus di Jakarta Barat dengan nama Garuda Indonesia Training Center.

Tahun 1990
Armada Garuda Indonesia dan kegiatan operasionalnya mengalami revitalisasidan restrukturisasi besar-besarandi sepanjang tahun 1980-an. Hal ini menuntut Perusahaan merancang pelatihan yang menyeluruh bagi karyawannya dan mendorong Perusahaan mendirikan Pusat Pelatihan Karyawan, Garuda Indonesia Training Center di Jakarta Barat.

Tahun 2000
Seiring dengan upaya pengembangan usaha, di awal tahun 2005, Garuda Indonesia memiliki tim manajemen baru, yang kemudian membuat perencanaan baru bagi masa depan Perusahaan. Manajemen baru Garuda Indonesia melakukan evaluasi ulang dan restrukturisasi Perusahaan secara menyeluruh dengan tujuan meningkatkan efisiensi kegiatan operasional, membangun kembali kekuatan keuangan yang mencakup keberhasilan Perusahaan dalam menyelesaikan restrukturisasi utang, menambah tingkat kesadaran para karyawan dalam memahami pelanggan, dan yang terpenting memperbarui dan membangkitkan semangat karyawan Garuda Indonesia.

Tahun 2010
Penyelesaian seluruh restrukturisasi utang Perusahaan mengantarkan Garuda Indonesia siap untuk mencatatkan sahamnya ke publik pada 11 Februari 2011. Perusahaan resmi menjadi perusahaan publik setelah penawaran umum perdana atas 6.335.738.000 saham Perusahaan kepada masyarakat. Saham tersebut telah dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia pada tanggal 11 Februari 2011 dengan kode GIAA. Salah satu tonggak sejarah penting ini dilakukan setelah Perusahaan menyelesaikan transformasi bisnisnya melalu kerja keras serta dedikasi berbagai pihak.

Tahun 2017
Garuda Indonesia - maskapai pembawa bendera Bangsa - saat ini melayani 83 destinasi di seluruh dunia dan berbagai lokasi eksotis di Indonesia.
Dengan jumlah penerbangan lebih dari 600 penerbangan per hari dan jumlah armada 196 pesawat di Januari 2017, Garuda Indonesia memberikan pelayanan terbaik melalui konsep “Garuda Indonesia Experience” yang mengedepankan keramahtamahan dan kekayaan budaya Indonesia.
Garuda Indonesia terus melaksanakan program transformasi secara berkelanjutan. Hasilnya, kini Garuda Indonesia merupakan maskapai bintang lima, dengan berbagai pengakuan dan apresiasi berskala internasional , diantaranya pencapaian ‘The World’s Best Cabin Crew” selama empat tahun berturut-turut, dari tahun 2014 hingga 2017; "The World's Most Loved Airline 2016" dan “The World’s Best Economy Class 2013” dari Skytrax, lembaga pemeringkat penerbangan independen berbasis di London.

*pembaharuan data terakhir: Juli 2017


Memasuki tahun ke 70 tahun di industri penerbangan, Garuda Indonesia telah diakui sebagai Maskapai Penerbangan Regional Terbaik di Dunia, Maskapai Penerbangan Kelas Ekonomi Terbaik di Dunia, Maskapai Penerbangan dengan Kru Kabin Terbaik di Dunia, dan banyak penghargaan bergengsi lainnya dari lembaga-lembaga yang dihormati di dunia seperti Skytrax yang berbasis di London.

VISI MISI GARUDA

Vision Statement
To be a sustainable airline company through customer-oriented services and growth in profit

Company Vision
To maximize shareholder return through strong revenue growth, cost leadership in full service operations, and group synergy while providing the highest value to customers through excellent Indonesian hospitality



Maskapai nasional ini adalah perusahaan penerbangan Indonesia pertama yang bergabung dengan SkyTeam. Dengan wilayah terbang yang terus bertambah luas baik di dalam dan luar negeri, Garuda Indonesia terus memperkokoh eksistensi dengan daya saing yang kuat di Asia Tenggara. Bersama aliansi SkyTeam, Garuda Indonesia siap untuk terhubungkan dengan lebih 1.000 kota destinasi di seluruh dunia. Pelanggan dapat menikmati layanan ini mulai bulan Maret 2014.


SkyTeam

Aliansi yang beranggotakan berbagai maskapai besar di dunia ini siap untuk mengembangkan ruang lingkupnya di Asia Tenggara melalui Garuda Indonesia. Dengan bergabungnya perusahaan penerbangan terbesar di Indonesia ini, SkyTeam menambah deretan kota-kota besar di Indonesia, termasuk Surabaya, Denpasar, dan Medan ke dalam daftar panjang destinasi SkyTeam. Keuntungan yang diperoleh dari kerjasama ini bukan hanya akses yang lebih besar, tetapi juga frekuensi penerbangan dan konektivitas rute.















PEMBAHASAN

GARUDA INDONESIA MOBILE

Perkembangan dunia digital yang kian berkembang pesat, menuntut perusahaan untuk terus senantiasa berinovasi dalam memberikan layanan terbaik kepada pengguna jasa, khususnya dalam hal kemudahan berinteraksi dan bertransaksi dalam layanan digital.
Garuda Indonesia Mobile adalah aplikasi mobile yang memudahkan penumpang Garuda Indonesia untuk memesan dan membeli tiket dengan menggunakan ponsel pintar: Android, Balckberry dan iPhone. Aplikasi ini menyediakan tiga metode pembayaran, yakni Kartu Kredit, GA e-Payment (KlikBCA) dan GA Online Payment (ATM dan Internet Banking). Untuk saat ini, fasilitas pemesanan ini hanya tersedia untuk rute domestik.

CARA PENGGUNAAN APLIKASI

Setelah mendownload aplikasi Garuda Indonesia Mobile, kemudian install aplikasi pada smartphone. Pilih Garuda Miles jika sudah menjadi anggota Garuda Miles ataupun baru akan mendaftar atau bisa memilih Skip Now. Menjadi anggota Garuda Miles lebih memiliki keuntungan karena akan mendapatkan poin yang tercatat selama melakukan perjalanan dengan Garuda Indonesia.






Dalam menu utama, terdapat beberapa fitur yang sangat memudahkan menggunakan layanan Garuda Indonesia melalui smartphone, diantaranya:

1. Penerbangan

Dalam fitur penerbangan terdapat pilihan untuk Pesan Penerbangan  ataupun Check In. Dengan menggunakan fitur Pesan Penerbangan kita dapat memesan tiket penerbangan Garuda Indonesia melalui smartphone kapanpun dan dimanapun, dengan pembayaran melalui ATM ataupin internet/mobile banking.













Cara Pesan Penerbangan melalui Mobile Service:
  1. Tentukan tujuan penerbangan
  2. Selanjutnya, masukan jumlah penumpang (Dewasa, Anak ataupun Bayi) jika ingin menggunakan poin Garuda Miles, pilih Garuda Miles Redemption, jika tidak menggunakan poin dapat diabaikan. Pilih kelas penerbangan
  3. Selanjutnya pilih tanggal keberangkatan
  4. Selanjutnya, akan muncul harga tiket penerbangan beserta jadwal keberangkatannya, pilih harga dan jadwal keberangkatan yang diinginkan
  5. Selanjutnya, akan muncul rincian jadwal keberangkatan beserta total harga yang harus dibayarkan
  6. Lanjutkan, akan muncul tampilan processing your request, aplikasi jangan sampai tertutup
  7. Kemudian masukkan informasi penumpang dengan lengkap
  8. Selanjutnya lakukan pembayaran
  9. Konfirmasi pembayaran
Check In melalui Garuda Indonesia Mobile dapat dilakukan bagi penumpang yang memiliki tiket First Class, Business Class dan Economy Class (Tarif Umum). Check In dapat dilakukan dalam 24 atau 4 jam sebelum keberangkatan. Sedangkan penumpang dengan tiket economy class dengan tariff promo dapat melakukan check in melalui mobile service hanya dalam 12 hingga 4 jam sebelum keberangkatan.






















Cara Check In melalui Garuda Indonesia Mobile:

  1. Isi tanggal keberangkatan dan booking reference / nomor E-Ticket
  2. Lanjutkan, akan muncul daftar penumpang
  3. Lanjutkan, ketentuan mengenai barang bawaan yang berpotensi menyebabkan bahaya
  4. Lanjutkan, menampilkan informasi mengenai nomor kode pesawat, jadwal keberangkatan dan nomor kursi penumpang. Jika ingin mengubah kursi penumpang, pilih Ubah Seat
  5. Setelah menentukan kursi, lanjutkan, kemudian akan menampilkan rincian penerbangan secara keseluruhan
  6. Selesai, lalu akan mendapatkan boarding pass

2. Trip Saya




Dapat menampilkan semua riwayat perjalanan yang telah dilakukan sebelumnya, maupun perjalanan mendatang.


3. Penawaran




Berupa informasi mengenai Harga Istimewa yang ditawarkan oleh Garuda Indonesia untuk perjalanan yang sudah ditentukan, Promo lainnya yang menawarkan potongan harga tiket penerbangan baik promo yang berasal dari Garuda Indonesia sendiri maupun promo dari pihak ketiga.


4. Akun





Menampilkan informasi mengenai jumlah poin yang sudah didapatkan dan status jika telah menjadi anggota Garuda Miles, kemudian tanggal kadaluarsa miles. Juga Informasi mengenai penukaran maupun perolehan poin Garuda Miles yang sudah didapatkan.


5. Lainnya




Fitur ini kita dapat memeriksa status penerbangan Garuda Indonesia baik keberangkatan maupun kedatangan di beberapa bandara tertentu. Selain itu, dapat juga melihat jadwal dan rute penerbangan untuk tanggal-tanggal tertentu, informasi mengenai bagasi, berita terbaru dari Garuda Indonesia, Asuransi perjalanan, maupun nomor kontak yang dapat dihubungi.

Berbagai pengembangan layanan multiplatform merupakan bagian dari upaya Garuda Indonesia untuk terus meningkatkan potensi pasarnya melalui pasar e-commerce dan digital, khususnya generasi muda digital enthusiast, seiring perkembangan IT dan tuntutan pasar. Keuntungan serta manfaat yang didapatkan dengan menggunakan Garuda Indonesia Mobile ini sangat banyak membantu memudahkan kita untuk menggunakan layanan Garuda Indonesia, untuk pesan tiket penerbangan, check in maupun informasi lainnya semua dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun berada melalui smartphone.

Sekian dan terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar